Peningkatan Keterampilan Menulis Dongeng Menggunakan Media Mind Mapping di SMPS Pusaka Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.70047/jpi.v1i1.63Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk literasi menulis dongeng pada peserta didik yang masih cukup rendah. Hal tersebut disebabkan karena program literasi belum berjalan maksimal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design dengan jenis One Group Pretest-posttest. Dengan menggunakan 3 instrumen yaitu lembar observasi, lembar tes dan lembar kuesioner. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi menulis dongeng pada peserta didik kelas VII B di SMPS Pusaka dengan menggunakan media mind mapping. Dengan media mind mapping diharapkan peserta didik dapat menulis dongeng dengan baik dan memperhatikan diksi, alur serta ejaan. Hail observasi pada penelitian ini yaitu 92,5% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Selain itu adanya peningkatan dari hasil tes awal ke tes akhir. Pada hasil tes awal memperoleh nilai rata-rata sebesar 40 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 50. Sedangkan pada saat tes akhir memperoleh nilai rata-rata sebesar 85 dengan nilai terendah 80 dan nilai tertinggi 90. Maka dari itu dapat disimpulkan bahawa adanya peningkatan dari hasil nilai tes akhir.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Impola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.