Edukasi Interaksi Parasosial terhadap Budaya K-Pop di Kalangan Anak Muda

Authors

  • Chontina Siahaan
  • Laras Nadiananda Iswari Universitas Kristen Indonesia
  • Christine Dormian Marpaung Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

Idola; interaksi; parasosial; penggemar; media

Abstract

Pengaruh budaya K-Pop di Indonesia dapat dirasakan dengan munculnya kelompok-kelompok penggemar terutama anak muda. Mereka menamakannya K-Pop. Penggemar k-Pop sering melihat idolanya lewat media elektronik atau media sosial untuk mencari tahu informasi mengenai idolanya dan menonton penampilan idola sehingga penggemar merasa kenal dekat dengan idolanya istilah ini dikatakan dengan interaksi parasosial. Interaksi parasosial adalah hubungan imajinasi sepihak yang melibatkan pengguna media atau penggemar engan persona media atau idola, dimana penggemar merasa memiliki level keakraban tertentu dengan idolanya meskipn belum pernah ketemu secara langsung. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan guna mengetahui edukasi interaksi parasosial terhadap budaya K-Pop di kalangan anak muda. PKM ini melibatkan 45 anak muda di salah satu gereja di Jakarta. Metode yang digunakan meliputi survey, presentasi, testimoni dan kuis. Hasil menunjukkan bahwa edukasi mengenai interaksi parasosial terhadap budaya K-Pop di kalangan anak muda menjadi suatu hal yang baru, dikarenakan hasil menunjukkan bagaimana perubahan yang terjadi terhadap pola pikir individu tersebut

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Siahaan, C. ., Iswari, L. N. ., & Marpaung, C. D. . (2023). Edukasi Interaksi Parasosial terhadap Budaya K-Pop di Kalangan Anak Muda. Multidisciplinary National Proceeding, 1, 77–89. Retrieved from http://publishing.impola.co.id/index.php/Prosiding/article/view/11

Issue

Section

ARTIKEL