Peningkatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bambu 03 Pagi

Authors

  • Fransiskus X. Gian Tue Mali Universitas Kristen Indonesia
  • Indah Novitasari Universitas Kristen Indonesia
  • Haganta Pratama Tarigan Universitas Kristen Indonesia
  • Edrei Hosaya Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

Pendidikan Pancasila usia dini, Pelajar Pancasila

Abstract

Pancasila sebagai sumber falsafah hidup bangsa, dasar negara, dan tujuan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia atau singkatnya adalah ideologi berbangsa dan bernegara Indonesia hakikatnya harus menjadi ciri dari karakter dari setiap warga negara sejak usia dini. Guna mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan kegiatan pendidikan pancasila pada siswa/i sekolah dasar guna mencapai profil pelajar Pancasila dengan metode edukasi secara intensif melalui ceramah, role play, dan pendidikan inkuiri reflektif. Pelajar Pancasila merupakan sebuah profil pembelajar yang memiliki luaran berupa pemikiran, tingkah laku dan hasil karya yang selaras dengan implementasi nilai-nilai Pancasila Dengan adanya kegiatan edukatif ini melalui pengabdian kepada masyarakat maka pemahaman terkait implementasi nilai-nilai Pancasila pada pelajar sejak usia dini, diharapkan mendorong terciptanya profil pelajar Pancasila yang menyeluruh dan memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan berbangsa dan   bernegara.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Gian Tue Mali, F. X. ., Novitasari, I. ., Tarigan, H. P. ., & Hosaya, E. . (2023). Peningkatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kota Bambu 03 Pagi. Multidisciplinary National Proceeding, 1, 98–107. Retrieved from http://publishing.impola.co.id/index.php/Prosiding/article/view/21

Issue

Section

ARTIKEL