Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Sosial oleh Siswa/I SMPN 163 Jakarta

Authors

  • Devi Melisa Saragi Universitas Kristen Indonesia
  • Lisbet Sirait Universitas Kristen Indonesia
  • Jannes Freddy Pardede Universitas Kristen Indonesia
  • Lea Maria Moningka Universitas Kristen Indonesia
  • Amanda Putri W.M Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

Kosakata, Media sosial, English Club

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa/i SMP 163 Kalibata, Jakarta  melalui metode ajar yang terintegrasi dengan  media sosial. Sasaran dari kegiatan ini adalah para siswa/i kelas VII dan VIII yang tergabung dalam English Club SMPN 163 Kalibata yang berjumlah 41 orang. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, para tutor mengimplementasikan metode diskusi, games dan story telling secara daring melalui aplikasi zoom. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan terhitung dari Maret sampai dengan Juni 2022. Sebelum mengajar, para tutor terlebih dahulu berkonsultasi mengenai materi kepada para dosen pembimbing agar capaian pembelajaran dapat diperoleh.  Hasil pengamatan dalam pelaksanaan PkM ini menunjukkan bahwa metode diskusi, games dan story telling  telah menunjukkan adanya peningkatan kosakata bahasa Inggris melalui media sosial oleh para siswa/i SMPN 163 Jakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari kosakata yang digunakan mereka dalam pengerjaan tugas. Selain itu Para siswa/i juga semakin komunikatif dalam berbicara. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari nilai evaluasi (post-test) yang meningkat dibandingkan dengan nilai pretest yaitu dari dari rata-rata 67,54 menjadi 82,43.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Saragi, D. M. ., Sirait, L. ., Pardede, J. F., Moningka, L. M. ., & Putri W.M, A. . (2023). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Sosial oleh Siswa/I SMPN 163 Jakarta . Multidisciplinary National Proceeding, 1, 62–71. Retrieved from http://publishing.impola.co.id/index.php/Prosiding/article/view/27

Issue

Section

ARTIKEL