Penguatan Manajemen Pendidikan Mendukung Program Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Kecamatan Silaean Kabupaten Toba Sumatera Utara
Abstract
Pendidikan di Indonesia mulai tingkat dasar, menengah dan pendidikan tinggi beradaptasi dengan masa endemi ini. Penyelenggaraan pendidikan dari semua jenjang tersebut dikelola oleh berbagai unsur yang mendukung tercapainya visi, misi dan tujuan yang ditentukan khususnya merdeka belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk implementasi dari bidang ilmu yang diajarkan dalam darma pengajaran dan juga untuk kepentingan penelitian dan publikasinya serta bagi para guru dan pimpinan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Silaen Mendapatkan motivasi dan penyegaran dalam tata Kelola Pendidikan, tentang implementasi merdeka belajar. Adapun metode penelitian ini yaitu dengan melakukan penyuluhan penguatan manajemen pendidikan dan merdeka belajar serta melakukan evaluasi kegiatan dan dampak bagi sekolah dan dijadikan dasar dalam melakukan penguatan secara berkelanjutan. Evaluasi yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah untuk mendapatkan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru-guru dan siswa di sekolah dasar Kecamatan Silaean Kabupaten Toba Sumatera Utara sangat antusias dalam menerima penguatan manajemen pendidikan karena mereka mendapat gambaran terhadap manajemen pendidikan dikurikulum merdeka belajar ini. Antusias mereka dibuktikan dari respon mereka dengan pertanyaan lebih dalam tentang merdeka belajar. Untuk itu perlu suatu penguatan pendidikan di sekolah-sekolah yang belum berhasil jadi sekolah atau guru penggerak