Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Aplikasi Heyzine Flipbook pada Materi Energi dan Perubahannya

Authors

  • Fadhil Bagaskara UNS Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.70047/jpi.v2i1.150

Keywords:

Pengembangan, Modul Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Heyzine Flipbook, Energi dan Perubahannya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan aplikasi heyzine flipbook pada materi energi dan perubahannya, (2) mendeskripsikan modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan aplikasi heyzine flipbook yang bersifat valid. Jenis penelitian yang digunakan yakni pengembangan (Research & Development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dengan tahapan Defin, Design, dan Develop. Teknik uji validitas menggunakan teknik pengisian angket penilaian modul pembelajaran yang divalidasi oleh validator ahli. Uji validitas meliputi aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan. Hasil validasi modul pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan heyzine flipbook pada aspek kelayakan isi, Bahasa, kegrafisan, dan penyajian bersifat valid dengan mendapatkan skor sebesar 84, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran fisika pada materi energi dan perubahannya.

Downloads

Published

2025-03-14

How to Cite

Bagaskara, F. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Aplikasi Heyzine Flipbook pada Materi Energi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Impola, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.70047/jpi.v2i1.150

Issue

Section

Articles