Peningkatan Literasi Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Gambar di Kelas VIII SMPS Pusaka
DOI:
https://doi.org/10.70047/jpi.v1i1.92Keywords:
Menulis Teks Deskripsi, Media Gambar, LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk literasi menulis teks deskripsi yang ditujukan pada peserta didik yang masih cukup rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik tersebut disebabkan karena adanya rasa malas dalam diri peserta didik yang akhirnya kegiatan literasi yang diadakan di sekolah tidak berjalan dengan baik. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design dengan jenis One Group Pretest-posttest. Yang dimana penelitian ini menggunakan 3 instrumen, diantaranya yaitu lembar observasi, lembar tes dan lembar kuesioner. Selain itu penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan mengenai keterampilan literasi menulis deskripsi pada peserta didik kelas VIII di SMPS Pusaka dengan menggunakan media gambar. Dengan digunakannya media gambar diharapkan peserta didik dapat menulis teks deskripsi dongeng dengan baik dan tentunya memperhatikan kaidah kebahasaan dan struktur teks deskripsi. Hail observasi pada penelitian ini yaitu 92,5% yang dimana persentase tersebut termasuk ke dalam kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan dari hasil tes awal ke tes akhir. Pada hasil tes awal memperoleh nilai rata-rata sebesar 48 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 65. Sedangkan pada saat tes akhir memperoleh nilai rata-rata sebesar 85 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan dari hasil nilai tes akhir.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Impola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.