Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tajurhalang
DOI:
https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.125Keywords:
Active Learning, Menulis, Teks NarasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi berjumlah 362 siswa, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian adalah 60 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang, karena dengan model pembelajaran tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 84,2 dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 62,93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Impola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.