Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tajurhalang

Authors

  • Daniel Pasaribu Universitas Indraprasta PGRI
  • Ade Siti Haryanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Adi Permana Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.125

Keywords:

Active Learning, Menulis, Teks Narasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi berjumlah 362 siswa, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian adalah 60 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai  maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Active Learning terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas XI SMAN 1 Tajurhalang, karena dengan model pembelajaran tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 84,2 dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 62,93.

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Daniel Pasaribu, Haryanti, A. S. ., & Permana, A. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Active Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Tajurhalang. Jurnal Pendidikan Impola, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.125

Issue

Section

Articles