Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 24 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.126Keywords:
Model Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Teks DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian posttest-only control group design. Dengan jumlah populasi sebanyak 391 siswa, sampel penelitian berjumlah 50 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Dengan model Experiential Learning diharapkan siswa dapat menulis teks deskripsi dengan baik. Hasil penelitian berdasarkan uji t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa, nilai thitung > ttabel(11,25 > 1,67722) maka ditolak dan diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 kota Bekasi, dibuktikan dengan nilai rata-rata tinggi sebesar 80 menggunakan model experiential learning dibandingkan dengan nilai rata-rata sebesar 62 dari hasil pembelajaran tanpa model tersebut.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Impola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.