Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 24 Bekasi

Authors

  • Anita Ayu Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Ade Siti Haryanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Adi Permana Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.126

Keywords:

Model Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian posttest-only control group design. Dengan jumlah populasi sebanyak 391 siswa, sampel penelitian berjumlah 50 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Dengan model Experiential Learning diharapkan siswa dapat menulis teks deskripsi dengan baik. Hasil penelitian berdasarkan uji t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa, nilai  thitung > ttabel(11,25 > 1,67722) maka  ditolak dan  diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 kota Bekasi, dibuktikan dengan nilai rata-rata tinggi sebesar 80 menggunakan model experiential learning dibandingkan dengan nilai rata-rata sebesar 62 dari hasil pembelajaran tanpa model tersebut.

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Anita Ayu Lestari, Haryanti, A. S. ., & Permana, A. . (2024). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 24 Bekasi. Jurnal Pendidikan Impola, 1(2), 108–114. https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.126

Issue

Section

Articles