Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 41 Kota Bekasi

Authors

  • Nita Zulaekha Universitas Indraprasta PGRI
  • Ade Siti Haryanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Adi Permana Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.130

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Menulis, Deskripsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 41 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi berjumlah 278 siswa, jumlah sampel yang digunakan pada penelitian adalah 60 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling, isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai thitung=15,72> ttabel=1,67 maka Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 41 Kota Bekasi. Karena dengan model pembelajaran tersebut menghasilkan nilai rata-rata yang lebih tinggi sebesar 82, dibandingkan dengan nilai rata-rata dari hasil pembelajaran dengan model pembelajaran Inqury sebesar 61. 

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Nita Zulaekha, Haryanti, A. S. ., & Permana, A. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 41 Kota Bekasi . Jurnal Pendidikan Impola, 1(2), 91–97. https://doi.org/10.70047/jpi.v1i2.130

Issue

Section

Articles